Jumat, 17 Januari 2014

Manisan Carica Banjarnegara


Mengunjungi dataran tinggi Dieng yang terkenal di Banjarnegara pastinya dengan mudah menemui carica . Carica adalah buah yang masuk dalam keluarga pepaya. Bedanya, jika pepaya biasa lebih dikenal sebagai tumbuhan tropis yang memerlukan banyak panas dan matahari, maka carica termasuk keluarga pepaya yang hanya bisa tumbuh di tempat tinggi seperti Dieng atau di Kecamatan Batur Banjarnegara memerlukan temperatur yang cukup dingin, dan banyak hujan. Kondisi tersebut sangat cocok dengan iklim Dataran Tinggi Dieng di Banjarnegara. Nama latin buah carica ini adalah Carica Pubescens atau Carica Candamarcensis, atau kadang dikenal sebagai Mountain Papaya, atau di antara penduduk setempat dikenal sebagai gandul Dieng.
Salah satu minuman yang bisa dijadikan oleh oleh adalah manisan carica , yakni buah carica yang disajikan dengan campuran sirup, dan dikemas dalam botol dan rasanya sangat khas. Proses pemasakan carica oleh semua produsen adalah serupa, bahkan serupa juga dengan pemasakan buah lain dalam sirup, seperti buah salak, mangga dan nanas.
Bagi yang ingin membuat sendiri berikut ini resep pembuatanya :
Bahan :
- 2 kg buah carica yang sudah matang kupas
- 1/2 kg gula pasir ( atau sesuai selera)
- 3 liter air
Cara Membuat :
1. Buah carica yang sudah dikupas belah jadi dua lalu keluarkan bijinya. Letakkan biji carica dalam    satu loyang beri air kurang lebih 1 lt lalu masak sampai mendidih dan matikan.
2. Sambil menunggu air biji carica agak dingin, potong-potong daging buah carica menjadi 8 potong (atau sesuai selera). Setelah itu saring air rebusan biji carica sambil diremas-remas sehingga sari buahnya ikut tersaring, tambah air sedikit-sedikit sampai biji terlihat bersih.
3. Masukkan sisa air, gula, dan daging buah carica kemudian masak kembali sampai mendidih lalu matikan. Setelah dingin manisan carica ini bisa disimpan dikulkas, atau ditambah es batu langsung diminum, atau bisa juga diminum hangat-hangat.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar